Waspada Peredaran Narkoba di Kampus

Gema Peduli Napza Univeritas Tanjungpura Pontianak menggelar Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Lingkungan Kampus, Rabu (26/10/2011).

Hal ini dilakukan sebagai upaya tindakan preventif peredaran narkoba di kalangan mahasiswa dan lemba pendidikan tertinggi ini. Hadir dalam penyuluhan tersebut dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar serta kalangan mahasiswa Untan sendiri.

Kompol A Harun AR SH dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar mengungkapkan saat ini telah banyak kasus yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi. Untuk itu, pihaknya sangat apresiasi dengan kegiatan ini, karena mahasiswa merupakan generasi muda dari bangsa ini yang memiliki intelektual tinggi.
==============================================================
Maraknya peredaran narkotika di lingkungan kampus, membuat Satuan Narkoba Polres Bogor Kota, bergerak.Hasilnya, seorang mahasiswa universitas swasta di Kota Bogor ditangkap. Dari tersangka ASS 23, mahasiswa semester enam ini disita barang bukti narkotika jenis ganja dari rumah kontrakannya di Jalan Cirahayu Pakuan, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

“Penangkapan tersangka dilakukan setelah polisi mengumpulkan data dan pengembangan selama dua pekan terakhir. Kami tangkap dia sekitar pukul 21:00 malam,” kata AKP Hepi Hanafi, Kasat Narkoba Polres Bogor Kota Rabu (22/2) sore.

Rumah kontrakan tersangka yang berada tak jauh dari kampusnya diawasi, setelah informasi peredaran ganja dalam kampus banyak dikeluhkan. Dari penangkapan ini, polisi mengamankan sedikitnya dua bungkus kecil ganja kering siap pakai, satu kaleng kecil bungkus VCD yang di dalamnya terdapat satu bungkus ganja kemasan hemat beserta papir.

“Ini merupakan tindaklanjut dari kasus sebelumnya. Dugaan sementara, dia hanya pemakai saja. Kita tetap akan melakukan pengembangan,”kata Kasat. Tersangka dijerat UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika. (yopi/b)
==============================================================
Maraknya peredaran narkoba di kampus perguruan tinggi membuat mahasiswa beserta dosen di dalamnya membentuk satuan tugas (Satgas) anti narkoba.

Badan Narkotika Nasional (BNN) baru-baru ini menemukan adanya satgas yang beroperasi di kampus-kampus dari kalangan internal kampus.

“Ini penting sekali melibatkan lingkungan kampus untuk turut serta dalam upaya penanggulangan Narkoba,” ungkap Kepala Sub Direktorat Lingkungan Pendidikan, Pinondang Poltak, di Jakarta, Kamis (13/10).

Dia mengatakan, satgas tersebut merupakan tim pencegahan dini agar jangan sampai narkoba masuk ke kampus. Jika ada mahasiswa memakai narkoba maka nantinya akan diberikan pendekatan-pendekatan persuasif.

Menurut Poltak, sampai saat ini baru satu kampus swasta yang membentuk satgas. “Kita berharap kampus-kampus lain juga ikut membuat Satgas. Kami siap membantu,” (www.republika.co.id)

sumber : dari berbagai sumber

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: