Seminar Penyuluhan Anti Narkoba

Peserta Seminar Penyuluhan Narkoba Kampus BSI Margonda Depok

Alhamdulilah agenda seminar penyuluhan narkoba dengan bekerja sama antara Komando BSI selaku perwakilan Lembaga BSI dengan pihak BNNK Depok berjalan dengan sukses dan cukup berhasil menarik minat mahasiswa. Acara yang dimulai pukul 13.00 tanggal 16 juni hari sabtu 2012 siang tersebut berlangsung meriah dan sangat berguna bagi pencerdasan mahasiswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba khususnya dilingkungan kampus.

Tema dari acara seminar penyuluhan narkoba ini adalah “pemberdayaan peran serta masyarakat dilingkungan kampus” tujuan dari acara ini adalah sebagai sebuah gebrakan yang dilakukan BNNK Depok untuk menjaring kader relawan dan membangun kesadaran mahasiswa akan bahaya narkoba dan membangun kepekaan untuk ikut bergabung dan bekerja sama dalam pemberantasan narkoba khususnya dilingkungan kampus. Acara ini  dihadiri kurang lebih 90 orang mahasiswa/i BSI  Margonda Depok dari target 140 orang.

Namun karena keterbatasan ruangan dan kendala lainnya sehingga banyak peserta yang akhirnya ada yang tidak datang dan ada juga yang hanya datang saja tapi tidak ikut dalam seminar penyuluhan. Namun acara ini berhasil membuat rasa ingin tahu mahasiswa semakin tinggi tentang narkoba dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa yang mengindikasikan bahwa generasi muda sebenarnya sadar akan bahaya narkoba bagi mereka. Hanya saja selama ini sosialisasi, publikasi, edukasi dan pencerahan kepada mereka sangat kurang dan minim sehingga akses untuk pengetahuan bagi mereka sangat sedikit sekali.

Acara dimulai dengan pembukaan dan doa oleh pembawa acara saudara Helmy Winangun dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Cabang BSI Depok yaitu Bapak Ishaq setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dan sosialisasi komando bsi oleh preskomnya yaitu saudara Vetra Oktavian. Penjelasan yang berkaitan dengan program kerja dan fungsionalitas dari komando itu sendiri sebagai wadah perjuangan dan perlawanan bagi penyalahgunaan narkoba dikampus BSI. Komando merupakan kepanjangan dari komite mahasiswa anti narkotika dan obat terlarang yaitu sebuah organisasi intra kampus yang legal dibawah kelembagaan BSI dan diakui keberadaanya dilingkungan kampus.

Selanjutnya kira-kira pukul 14.00 mulai masuk pada acara inti yaitu acara diawali dengan prolog dari kepala BBNK Depok Bapak Hilmia, beliau mengatkan narkoba merupakan musuh bersama dan perlu kerja sama semua elemen masyarakat dalam memberantasnya. Acara dilanjutkan dengan presentasi materi ke-1 oleh beliau langsung dengan pemaparan kasus-kasus dan modus operandi dari para Bandar dalam melakukan aksi pengedaran dan penyalahgunaan narkoba yang ada diindonesia dari kelas teri sampai kelas kakap.

Narasumber dari Kepala BNNK Depok, Kepolisian dan Mantan Pecandu Narkoba

Acara dilanjutkan pada pukul 15.00 oleh pengisi materi ke-2 yaitu dari pihak kepolisian Depok yang memaparkankan tentang penjelasan dan definisi akibat dan dampaknya serta pengenalan jenis-jenis narkoba dari narkotika, psikotropika dan zat berbahaya bagi kesehatan tubuh dilanjutkan dengan pemaparan data kasus penyalahgunaan narkoba dikota Depok sampai tahun 2008 dan juga penjelasan tentang pasal-pasal tindakan hukum pidana bagi para pelaku pengedar dan penyalahgunaan narkoba.

Setelah itu penjelasan dari mantan korban pencandu narkoba yaitu mba Mayang yang sudah berhenti mengkonsumsi barang haram terebut . Beliau memberikan penjelasan dengan rinci dari awal kenapa ia memakai narkoba dan akhirnya berhenti. Benar-benar sangat menginspirasi dan memotivasi para peserta untuk dengan tegas mengatakan tidak pada narkoba karena begitu berbahaya dampaknya tidak hanya bagi pribadi akan tetapi bagi keluarga dan orang lain yang akan menerimanya pula.

Pukul 16.00 acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab kurang lebih 6 orang mahasiswa yang bertanya dengan pertanyaan yang variatif dan edukatif kepada para nara sumber yaitu dari pihak BBNK Depok, Kepolisian dan mba Mayang selaku korban mantan pecandu narkoba. Pukul 16.30 acara selesai dengan pemberian sertifikat secara simbolis dari kepala BNNK Depok kepada perwakilan dari mahasiswa dan ikrar bersama bahwasannya narkoba adalah musuh bersama bagi kita semua khususnya mahasiswa lalu ditutup dengan doa bersama.

oleh : Andry al azzam
Departemen Infokom (informasi dan komunikasi) Komando BSI

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: