Agenda Training Ahli Komando BSI Periode 2012-2013

Para peserta training ahli komando bsi periode 2012-2013 “bergerak bersama melawan narkoba”

Alhamdulillah agenda TA (training ahli) komando bsi dengan tema “bergerak, bersatu selamatkan generasi muda indonesia dari narkoba” telah terlaksana dengan cukup sukses. Acara yang diadakan pada tanggal 26-27bulan mei 2012 dibuperta jambore cibubur mck 60 tersebut berhasil diikuti dan menjaring kurang lebih 18 orang kader baru yang nantinya akan jadi pengurus  komando BSI periode selanjutnya.

Agenda yang difokuskan untuk melatih kepekaan, kecerdasan, kepedulian, dan ketahanan baik fisik maupun non fisik ini bertujuan untuk pembekalan dan pencerdasan juga sebagai proses transsformasi informasi bagi para kader baru yang anntinya akan jadi pengurus dikomando. input yang diberikan dari agenda ini adalah terbentuknya kader relawan anti narkoba yang siap perang melawan narkoba.

Acara dimulai pada pukul 15.30 dengan diawali pembukaan oleh mc dan sambutan dari preskom komando 2011-2012 saudara Ahmad Hidayat. Setelah itu beliau juga memberikan pemaparan tentang profil komando dan grand designya. Dilanjutkan sambutan dari perwakilan lembaga pudir III bid. kemahasiswaan yaitu bapak Nandang selaku penanggung jawab komando. pada kesempatan ini juga diadakan audiensi  tanya jawab dan juga kritik saran untuk pihak kampus terkait kurangnya support terhadap komando.

Agenda ini memang lebih banyak difokuskan pada segi pencerdasan dan pengetahuan kepada para anggota baru tentang masalah dasar narkoba seperti bahaya laten narkoba, pengenalan jenis-jenis narkoba dan perannan pemuda khususnya mahasiswa dalam melawan narkoba dilingkungan kampus. Materi pertama diisi oleh mantan preskom komando yaitu bang senovico beliau menjelaskan dengan detail sejarah dan pengalaman beliau selama menjabat dikepengurusan komando dengan begitu banyak tantangan dan ancaman.

Dilanjutkan pada materi ke 2 dari bang karim selaku generasi awalun terkait perjuangan komando dan latar belakang berdirinya komando. Bang karim lebih banyak menekankan pada inovasi, etos kerja dan relathionship dalam melawan narkoba dikampus. Tidak bisa secara passif dan biasa-biasa saja tapi harus massif dan memiliki massa yang cukup banyak karena narkoba masalah bersama dan isu bersama maka harus diselesaikan secara bersama-sama.

Pada malam hari pukul 02.30 – 10.40 dan pagi hari 08.00-10.00 diadakan pelatihan fisik seperti beladiri, ketahanan tubuh, kerja tim dan kekuatan mental dalam menghadapi tekanan. Agenda yang diadakan selama 2 hari ini memang cukup memberikan efek yang baik bagi para peserta khususnya masalah ketahanan fisik dan mental serta pengetahuan tentang bahaya dan dampak serta pengenalan jenis-jenis narkoba. Para peserta yang memang berlatarbelakang dari elemen yang berbeda-beda mulai dari mpm, ukm dan senat membuat suasana keakraban semakin terasa kental karena satu sama lain baru saling kenal.

Acara training ahli ini ditutup dengan materi ke 3 yang dibawakan langsung oleh founding father komando yaitu bang didin selaku pencetus dan pendiri komando bsi. Beliau memaparkan rancangan (grand design), master plan dan arah gerak komando seharusnya seperti apa. Beliau menjelaskan bahwa komando bukanlah tukang pukul lembaga ataupun bertindak sebagai eksekutor yang eeprti selama ini kira-kira 4 tahun kebelakang. Dimana para pengurus komando bertindak sebagai eksekutor dengan melakukan razia, sweeping, pengintaian dan penangkapan.

Beliau menjelaskan bahwa ranah tersebut merupakan ranah pihak kepolisian bukan ranah komando, karena resikonya begitu besar. Bang didin mengharapkan ranah perjuangan komando bergerak seperti awal yaitu dengan melakukan propaganda-propaganda serta publikasi penguatan opini kampus terkait bahaya narkoba. Memfasilitasi mahashiswa untuk berkonsultasi dan rehabilitasi apabila ada yang menjadi korban dari penyalahgunaan narkoba dengan membuat portal media center (pusat informasi dan konsultasi). Sebagai fasilitator dan informan kepada pihak kepolisian dan lemabaga terkait kasus-kasus yang terjadi dilingkungan kampus mengenai penyalahgunaan narkoba.

Semoga saja dengan adanya agenda training ahli ini kepengurusan komando selanjutnya mampu melakukan gebrakan-gebrakan yang dahsyat sehingga bisa memberikan mnafaat bagi mahasiwa terkait bahaya narkoba dilingkungan kampus. juga bisa memberikan efek dan rasa was-was bagi para pemakai, bandar dan pengedar dilingkungan kampus bsi. Dukungan semua rekan-rekan mahasiswa akan sangat berarti bagi kami, komando bsi. Terima kasih.

andry al azzam
departemen infokom (informasi dan komunikasi) komando bsi

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: